WACANA KAJIAN TIMUR TENGAH SEBAGAI KAJIAN INTERNASIONAL

Dewasa ini, kaijan timur tengah sebagai satu bagian dari kajian internasional mulai mendapatkan tempat dalam lingkungan akademisi maupun dari berbagai pengamat masalah hubungan internasional, Secara geografis, definisi timur tengah tidak begitu jelas. Tapi pada sejarawan sepakat menyatakan bahwa yang dimaksud dengan timur tengah adalah wilayah yang terbentang antara Lembah Nil (The Nile Valley) hingga negeri-negeri Muslim di Asia tengah (lebih kurang Lembah Amur Darya atau Sungai Oxus), dari Eropa yang paling tenggara hingga lautan Hindia. Negeri-negeri Muslim di Asia yang ada di dalamnya sering juga disebut dengan timur Dekat (the Near Asia) dan khusus bagian Benua Asia biasa juga disebut dengan Asia Barat (West Asia).

Kawasan timur tengah terdiri atas beberapa negara yang saling bertautan baik secara sejarah, geografis maupun kebijakan pemerintahannya, tercatat negara-negara yang termasuk dalam kasawasn timur etngah antara lain;Afghanistan, Bahrain, Cyprus, Mesir, Iran, Irak, Israel, Jordania, Kuwait, Lebanon, Lybia, Oman, Qatar, Arab Saudi, Sudan, Turki, Uni Emirat Arab, Republik Arab Yaman, Republik Rakyat Yaman. Kebanyakan sastra barat mendefinisikan "Timur Tengah" sebagai negara-negara di Asia Barat Daya, dari Iran (Persia) ke Mesir. Mesir dengan semenanjung Sinainya yang berada di Asia umumnya dianggap sebagai bagian dari Timur Tengah, walaupun sebagian besar wilayah negara itu secara geografi berada di Afrika Utara.

Sejak pertengahan abad ke-20, Timur Tengah telah menjadi pusat terjadinya peristiwa-peristiwa dunia, dan menjadi wilayah yang sangat sensitif, baik dari segi kestrategisan lokasi, politik, ekonomi, kebudayaan dan keagamaan. Timur Tengah mempunyai cadangan minyak mentah dalam jumlah besar dan merupakan tempat kelahiran dan pusat spiritual agama Yahudi, Kristen dan Islam.

Dari berbagai negar-negara tersebut, ketika kita berbicara mengenai ilmu pengetahuan, maka kita tidak akan jauh-jauh untuk membahasnya, sebagai kita ketahui bahwa sejarah pengetahuan berasal dari kaswasan timur tengah sebagai pusat interaksi internasional pertama, lokasi yang strategis menempatkan kawsan timur tengah sebagai kawsan peredaran ilmu pegetahuan hingga sampai hari ini, kemajuan ilmu pengetahuan yang terjadi begirtu pesat dan menjadio poin penting bagi kaswasan timur tengah di mata dunia, perkembvangn ilmu pengetan pun tak lepas dari berbagi negara yang terdapat di dalamnya sebagai negar yang dengan begbagi polemik yang terjadi di dalamnya menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Kawasan timur tengajh dikenal sebagai kawasan yang sngat strategis, letaknya yang berada pada Timur Tengah adalah sebuah wilayah yang secara politis dan budaya merupakan bagian dari benua Asia, atau Afrika-Eurasia. Pusat dari wilayah ini adalah daratan di antara Laut Mediterania dan Teluk Persia serta wilayah yang memanjang dari Jazirah Arab, dan Semenanjung Sinai. Kadangkala disebutkan juga area tersebut meliputi wilayah dari Afrika Utara di sebelah barat sampai dengan Pakistan di sebelah timur dan Kaukasus dan/atau Asia Tengah di sebelah utara. Media dan beberapa organisasi internasional (seperti PBB) umumnya menganggap wilayah Timur Tengah adalah wilayah Asia Barat Daya (termasuk Siprus dan Iran) ditambah dengan Mesir.

Sebagai contoh, ketika serangan amerika ke kawasan timur tenbgah, irak tepatnya kemudina mucullah wacana kajian kawasan timur tengah untuk memplejari lebih dalam lagi tentang apa yang sebenarnya terdapat di kawasan ini sehingga ia begitu mendapat perhatian dari dunia, hal yang tak bisa dipungkiri ialah kawasan ini sebagai daerah penghasil minyak bumi terbesar di dunia dan juga menjadi lokasi strategis perdagangan dan perputaran barang dan jasa selain itu wacana perang Arab-Israel yang memnjadikan Palestina sebagai negara terjajah menjadi sarana pembelajaran bagi pengamat studi kawasan timur tengah dengan tujuan hal ini mampu membantu palestina untuk lepas dari cengkaran Maerika sebagai negara penjahat yang rakus.

Berbicara mengenai kawasan timur tengah dalam hal perkembangan ilmu pengetahuan tentu bukalha hal yang singkatr akan tetapi hal ini dapat dilihat dari berbafgai sejarah yang pernah ada, pembicaraan mengenai timur tengah tak terlepas dari kajian mengenai islam sebagai sebuah bentuk ideologi yang banyak mempengaruhi masyarakat di timur tengah dan sampai hari ini peredaran ilmu tak pernah berhenti, di iran terdapat sebuah universotas yang menjadi universitas tertua disana yang menjadi saksi sejarah dari perkembangan ilmu pengertahuan dan hal inilah yang diwariskan kepada masrakat dunbia tenatng bagiaman bangsa mereka menjadi pelopor dalam perkembangn ilmu pengetahuan dan sejarah peredaran ilmu.

Kajian kasawan timur tengah, seiring dengan perkembang zaman pun kini telah mendapatkan tempat yang cukup baik, di berbagai universitas di dunia menjadikan kajian kawasan timur tengah sebagai kajian wajib untuk dipelajari selain itu sejarah perkembangn pengetahuan di kawasan timur tengah pun menjadi sumber semngat dari perdaban islam sebagai sebuah ideologi dan ebagai sebuah ilmu pengeetahuan sehingga menjadi sebuah hal yang wajar sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan ilmu pengetauna di kawasan timur tenagh ini menjadi kajaian internasional dengan berbagai disiplin ilmu dan kajian.



MUH. ASY'ARI MUKRIM
E13106024
STUDI KAWASAN TIMUR TENGAH
ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

0 Comments:

Post a Comment