Timur Tengah merupakan kawasan yang memiliki letak geostrategis dan geopolitik yang sangat menarik perhatian, khususnya bagi bangsa barat. Di kawasan ini terdiri dari negara-negara yang memiliki potensi yang besar, khususnya di bidang ekonomi (minyak bumi) dan militer (teknologi persenjataan). Yang menarik ialah, di kawasan ini merupakan sumber peradaban manusia dimana selain sebagai tempat lahirnya berbagai agama, tanah para nabi, kawasan ini juga merupakan tempat lahirnya para ilmuwan yang telah banyak melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Sejarah muncul dan berkembangnya lmu pengetahuan dan teknologi di Timur Tengah dimulai pada abad pertengahan (500 M- 1500 M) yang dimulai dengan menterjemahkan karya-karya bangsa Yunani ke dalam bahasa Arab. Pada waktu itu dunia muslim bangkit dalam menciptakan ide ilmiah yang baru dan kemudian mengembangkannya sesuai dengan pandangan hidup islam. Tokoh-tokohnya seperti Al-Khawarizm (Ilmu Aljabar), Omar Khayan (penyair), Ibnu Sina (Ilmu Kedokteran), dan Al Idrisi (Ilmu Astronomi).

Pada tahun 1300 M bangsa-bangsa Eropa mulai mengalami kebangkitan. Pada saat itu tradisi pengembangan ilmu pengetahuan di barat dilakukan dalam rentang waktu yang cukup lama. Kemudian Barat berusaha mengembangkan teknologi secara tekun. Zaman ini ditandai dengan munculnya ahli-ahli filsafat dan ilmuwan. Ahli filsafat tersebut, seperti Copernicus, Galileo, Keppler, Francis Bacon, dan Rene Descartes, sedangkan ilmuwan diantaranya Newton (tori gravitasi, perhitungan kalkulus dan Optika) dan Wilhelm Konrad Rontgen (Sinar X). Sedangkan bangsa-bangsa Islam mulai mengalami keterputusan dalam perkembangannya yang disebabkan karena adanya perpecahan internal dan orientasi yang berbeda di kalangan pemimpin Islam.

Dengan terjadinya kemunduran dalam ilmu pengetahuan dan teknologi membuat bangsa-bangsa islam di kawasan Timur Tengah ini menjadi semakin terpuruk. Bangsa barat datang dan mengeksploitasi kekayaan dan sumber daya alam lainnya sehingga menimbulkan ketergantungan dalam bidang ekonomi. Hal inilah yang mendorong bangsa-bangsa islam untuk kemudian lebih tekun dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya agar mampu hidup mandiri dan sejahtera tanpa campur tangan asing.

Sekarang ini kita dapat melihat kemajuan yang cukup signifikan yang dialami oleh negara-negara di kawasan Timur Tengah ini. Bangsa-bangsa Arab menjadi pusat perhatian dunia dengan peran minyak buminya. Selain itu, kawasan ini menjadi sangat ramai sebagai jalur dagang yang strategis, teknologi nuklir yang sedang mengalami perkembangan peran kebijakan politik luar negerinya yang cukup berpengaruh terhadap bangsa barat. Pentingnya peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelola potensi-potensi kekayaan alam telah banyak memberikan sumbangsih yang besar terhadap kawasan ini. Meskipun perkembangan tersebut belum memberikan kontribusi yang penting dalam kancah kompetisi global, namun paling tidak telah menyadarkan bangsa-bangsa muslim ini akan pentingnya peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memajukan bangsanya.


Three Puspasari
E 131 06 016
Studi kawasan Timur Tengah

0 Comments:

Post a Comment