Kemajuan Iptek di Iran

Riesta Prigi Andani
E 131 06 021
Jurusan Ilmu Hubungan Internasional

KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI IRAN

Salah satu faktor internal yang mendukung kemajuan suatu negara adalah faktor iptek (ilmu penegtahuan dan teknologi) negara tersebut. Hal ini telah menjadi rahasia umum bahwa independensi dan kemajuan sebuah bangsa memang sangat bergantung kepada keberhasilannya dalam meraih kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Kenyataan ini terjadi di seluruh penjuru dunia, termasuk di kawasan Timur Tengah. Timur Tengah yang terdiri oleh sekumupulan negara-negara Islam juga berusaha untuk mewujudkan ilmu penegtahuan dan teknologi yang modern, dan salah satu negara tersebut adalah Iran.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Iran telah mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hal ini terjadi sejak adanya kemenangan Revolusi Islam Iran. Yang paling mencolok sejak Kemenangan Revolusi Islam Iran adalah perubahan besar di bidang politk, yaitu dengan terbentuknya sistem pemerintahan baru bernama Republik Islam Iran. Dengan berlandaskan kepada sistem politik yang baru dan independen ini, Iran kemudian melakukan lompatan besar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemajuan pesat berhasil ditoreh bangsa Iran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Di antara kemajuan pesat yang berhasil diraih bangsa Iran adalah kemampuan para ilmuwan negara ini dalam memproduksi bahan bakar nuklir untuk skala industri. Sebelum ini, Iran juga berhasil membiakkan sel inti yang sangat berharga bagi dunia kedokteran. Jumlah negara di dunia yang mampu meraih teknologi ini hingga sekarang tidak lebih dari 10 negara. Kemudian, baru-baru ini, para ilmuwan Iran mengumumkan keberhasilannya memproduksi obat anti retrovirus yang berfungsi mengobati infeksi yang ditimbulkan retrovirus HIV/AIDS. Ini adalah lompatan besar di bidang pengobatan penyakit AIDS yang sangat mematikan itu.

Selama Iran diperintah oleh penguasa yang diktatoris serta sangat bergantung kepada Barat dalam segala hal, bisa dikatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Iran mengalami stagnansi yang sangat parah selama hampir 2 abad. Untuk itulah setelah Iran berhasil dengan kemenangan revolusinya, bangsa Iran kemudian bertekad kuat meraih keberhasilan lain di bidang ilmu pengetahuan demi menjamin masa depan bangsanya sekaligus mengejar ketertinggalan di bidang ini.

Akan tetapi, upaya seperti ini jelas ditentang oleh negara-negara kuat yang selama ini sudah terbiasa menjadi penguasa dunia. Independensi negara-negara dunia ketiga adalah hal yang tabu bagi mereka. Karenanya, tidaklah mengherankan jika tekad kuat bangsa Iran untuk meraih keberhasilan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ini dicela oleh Barat. Berbagai konspirasi dibangun untuk mengganjal langkah dan kemajuan Iran. Isu-isu yang tidak otentik juga diembuskan Barat dengan tujuan menghalangi keberhasilan bangsa Iran tersebut. Dalam contoh terbaru, proyek nuklir sipil Iran dihalang-halangi dengan menggunakan isu bahwa proyek tersebut hendak dibelokkan Iran menjadi proyek senjata nuklir. Padahal, tim inspeksi Badan Energi Atom Internasional (IAEA) selalu mengatakan bahwa tidak ada penyimpangan sedikitpun dari proyek nuklir Iran.

Meskipun didera banyak halangan, kemajuan Iran di bidang ilmu penegtahuan dan teknologi sama sekali tidak bisa terbendung. Malahan Iran semakin membulatkan tekadnya dalam meraih keberhasilan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Prestasi pemuda Iran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga bisa dilihat dari berbagai kemenangan yang selalu diraih para pelajar Iran dalam olimpiade berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti olimpiade fisika, matematika, kimia, dan lain-lain. Tiap event ini dilaksanakan, setiap negara peserta pasti akan memperhitungkan para pelajar dan mahasiswa Iran sebagai rival yang sangat sulit untuk dikalahkan.
Keberhasilan yang diraih oleh para penemu dan peneliti muda Iran ini menunjukkan sangatlah jelas bahwa pengetahuan dan teknologi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki sebuah negara bila ingin maju. Dengan memfokuskan perhatian pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak mustahil Iran dapat meraih posisi membanggakan dalam kancah keilmuan dan teknologi internasional.

Rakyat Iran yang semula sangat bergantung kepada negara asing, akhirnya mampu mampu memproduksi sendiri sebagian besar kebutuhan dalam negeri mereka. Keberhasilan dan kecemerlangan para pemuda dan mahasiswa Iran dalam berbagai pameran iptek dan olimpiade ilmiah, membuktikan tekad kuat bangsa Iran dalam meraih kemajuan teknologi di masa depan. Dan tidak ada kekuatan manapun yang akan mampu menghalangi tekad kuat bangsa Iran tersebut.

Akhirnya, Iran masih terus melangkah maju tanpa rasa gentar sedikitpun, meski negara ini haus dihadapkan dengan berbagai tekanan yang luar biasa dan terus-menerus dari berbagai pihak. Namun tak diragukan lagi, Iran kini tampil sebagai negara tangguh yang mampu mengkandaskan segala makar dan ancaman pihak asing.

0 Comments:

Post a Comment