Dunia Politik yang Bersumber dari Kumpulan Wahyu

Asnani Dewi Maisuri ( E 131 06 014 )

Sistem pendidikan di dunia Timur Tengah sebenarnya dimulai dari keinginan para pengikut Nabi Muhammad SAW untuk memahami kumpulan wahyu yang telah diturunkan oleh Allah SWT yang dirangkum menjadi kitab suci Al Qur’an. Melalui kumpulan wahyu tersebut, Allah telah mengajarkan kepada umat manusia segala rahasia yang tersembunyi dalam alam semesta.

Pencarian atas ilmu pun menjadi salah satu hal utama yang diajarkan dalam Al Qur’an. Seperti yang terlihat pada wahyu yang pertama kali turun (QS. Al-Alaq 1-5) yang pada ayat pertamanya berbunyi “Bacalah !”, ayat ini menggambarkan bahwa betapa pentingnya setiap umat manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan.

Hal ini kemudian diamalkan oleh para pengikut Nabi Muhammad SAW, mereka senantiasa mencari ilmu melalui pemahaman Al Qur’an. Timur Tengah sebagai tempat tinggal mereka pun, menjadi tempat di mana ilmu dimaknai dan diamalkan atas dasar wahyu Allah SWT.

Ilmu berdasarkan Al Qur’an berkembang ke dalam berbagai macam penerapan ilmu, termasuk pula ilmu mengenai politik. Ilmu politik atas dasar Islam tersebut kemudian diterapkan oleh berbagai negara-negara di Timur Tengah. Hal ini menyebabkan pemikiran politik Islam menjadi salah satu ciri utama negara-negara di Timur Tengah.

Pemikiran politik Islam sendiri berawal dari pencarian ilmu para umat Islam berdasarkan Al Qur’an mengenai kaidah-kaidah kenegaraan dan kepemimpinan. Hal ini menyebabkan pemikiran politik ini disebut pula sebagai pemikiran politik dengan kaidah Islam.

Pemikiran politik dengan kaidah Islam ini kemudian diterapkan para pemerintah negara di Timur Tengah dalam pengaturan dan pemeliharaan urusan kerakyatan. Hal ini termasuk seperti pengelompokan umat berdasarkan khalifahnya, atau dalam ilmu politik disebut negara atau negara bagian. Contoh yang lain adalah mengenai pentingnya seorang pemimpin untuk mensejahterakan rakyatnya sebagai tanggung jawab utama seorang pemimpin kepada Allah SWT.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Islam telah banyak membawa pencerahan terhadap dunia pendidikan di Timur Tengah, termasuk dalam bidang yang paling penting dalam sebuah negara yaitu bidang politik. Ilmu dari Al Qur’an yang sangat luas dan terperinci yang dikaji oleh para ilmuwan Islam, ternyata dapat pula memberikan petunjuk yang sangat jelas dan luas mengenai dunia politik.

0 Comments:

Post a Comment